Iklan Melayang

Sabtu, 16 Mei 2009

rEspon mu... 

PENYAKIT FLU BABI??? IH..SEREMMM…

Babi

Flu babi adalah penyakit yang biasa mewabah di babi

Ternyata flu babi telah ditemukan di INDONESIA beberapa penderita yang diduga flu babi telah menunjukan gejala-gejalanya… serem juga yah Indonesia udah kena… setelah saya browsing, ini yang saya dapatkan informasi tentang babi yang terkena flu.. oopz..lebih tepatnya....flu babi…

Para pakar pengendali penyakit masih berupaya mencari jalan dalam mengatasi wabah flu babi di Meksiko dan Amerika Serikat, serta dugaan kasus ini di negara lain.

Apakah flu babi?

Flu babi adalah penyakit pernapasan yang menjangkiti babi.

Disebabkan oleh influenza tipe A, wabah penyakit ini pada babi rutin terjadi dengan tingkat kasus tinggi namun jarang menjadi fatal.

Penyakit ini cenderung mewabah di musim semi dan musim dingin tetapi siklusnya adalah sepanjang tahun.

Ada banyak jenis flu babi dan seperti flu pada manusia penyakit ini secara konstan berubah.

Apakah manusia bisa terjangkit flu babi?

Flu babi biasanya tidak menjalar pada manusia, meski kasus sporadis juga terjadi dan biasanya pada orang yang berhubungan dengan babi.

Catatan mengenai kasus penularan dari manusia ke manusia juga sangat jarang.

Penularan manusia pada manusia flu babi diperkirakan menyebar seperti flu musiman - melalui batuk dan bersin.

Dalam wabah yang kini terjadi belum jelas apakah penyakit itu ditularkan dari manusia ke manusia.

Gejala flu babi pada manusia tampaknya serupa dengan gejala-gejala flu musiman manusia. Ngeri yah.. tar dikira flu biasa tp malah flu babi…

Apakah ini jenis baru flu babi?

Badan Kesehatan Dunia, WHO, membenarkan bahwa setidaknya sejumlah kasus adalah versi H1N1 influenza tipe A yang tidak pernah ada sebelumnya.

H1N1 adalah virus yang menyebabkan flu musiman pada manusia secara rutin.

Namun versi paling baru H1N1 ini berbeda: virus ini memuat materi genetik yang khas ditemukan dalam virus yang menulari manusia, unggas dan babi.

Virus flu memiliki kemampuan bertukar komponen genetik satu sama lain, dan besar kemungkinan versi baru H1N1 merupakan hasil perpaduan dari berbagai versi virus yang berbeda yang terjadi di satu binatang sumber. Serem juga kan…?

Apakah aman makan daging babi?

Ya. Tidak ada bukti flu babi menular lewat konsumsi daging binatang yang terjangkit.

Namun, daging itu harus dimasak matang, suhu 70C akan membunuh virus itu. Tapi..mending gak usah kali yah.. lagipula untuk umat MOESLEM kan haram… =)

Apakah warga harus khawatir?

Saat muncul jenis baru flu yang memiliki kemampuan menyebar dari manusia ke manusia pihak berwenang mengawai dengan seksama untuk melihat apakah memiliki potensi menyebabkan pandemi.

WHO memperingatkan kasus-kasus di Meksiko dan Amerika Serikat berpotensi menyebabkan pandemi global dan menegaskan situasi ini serius.

Akan tetapi, WHO mengatakan masih terlalu dini untuk menilai situasi ini secara akurat.

Saat ini, WHO mengatakan dunia hampir mendekati situasi pandemi flu dibandingkan tahun-tahun sejak 1968 - tingkat ancamannya adalah tiga dari skala enam.

Tidak ada yang tahu dampak pandemi penyakit ini sepenuhnya, namun para pakar memperingatkan korban tewas bisa mencapai jutaan orang di seluruh dunia.

Pandemi flu Spanyol, yang dimulai tahun 1819 dan juga disebabkan oleh virus H1N1, menewaskan jutaan orang.

Fakta bahwa kasus-kasus di Amerika Serikat sejauh ini memperlihatkan gejala-gejala ringan merupakan berita baik.

Sementara parahnya wabah di Meksiko kemungkinan disebabkan oleh faktor wilayah yang tidak biasa yang kecil kemungkinan terjadi wilayah lain di dunia.

Akan tetapi, fakta bahwa sebagian besar korban berusia muda menunjukkan satu hal yang tidak baisa.

Biasanya flu musiman cenderung melanda kaum berusia tua. Tapi kan gak nutup kemungkinan yg terkena yg usia muda… =(

Bagaimana dengan pengobatan dan vaksin?

Pemerintah Amerika mengatakan dua obat yang biasa digunakan untuk mengobati flu, Tamiflu dan Relenza, tampaknya efektif dalam mengatasi kasus-kasus yang terjadi sejauh ini.

Belum jelas keefektifan vaksin flu yang kini ada dalam melindungi manusia dari virus baru ini, karena secara genetik berbeda dengan jenis flu lain.

Ilmuwan Amerika telah mengembangkan satu vaksin baru, namun diperlukan waktu untuk menyempurnakannya dan juga memproduksi dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan.

Bagaimana dengan flu burung?

Jenis flu burung yang menyebabkan kematian di Asia Tenggara dalam beberapa tahun ini berbeda dengan jenis flu babi yang kini mewabah.

Bentuk baru flu babi ini adalah H1N1 jenis baru, sementara flu burung adalah H5N1.

Para pakar khawatir H5N1 berpotensi menyebabkan pendemi karena kemampuannya bermutasi secara cepat.

Akan tetapi hingga sekarang penyakit itu masih merupakan penyakit unggas.

Mereka yang terjangkit adalah mereka yang berhubungan dengan unggas dan kasus penularan dari manusia ke manusia sangat jarang - tidak ada tanda-tanda bahwa H5N1 sudah bisa menular dari manusia ke manusia dengan mudah.

Sekarang kita Lacak yuk Flu Babi Lewat Google Map


Screenshot Peta Flu Babi di Google Map(Wicak Hidayat – detikinet)

Jakarta - Jika di Twitter informasi soal Flu Babi tak menentu, bukan berarti internet tak bisa digunakan untuk memantau penyakit ini. Google, misalnya, memiliki peta khusus Flu Babi.

Peta dengan tajuk H1N1 Swine Flu itu bisa diakses lewat layanan
maps.google.com. Peta khusus itu menampilkan informasi kasus-kasus Flu Babi yang terjadi di dunia.


Saat dikunjungi detikINET, Selasa (28/4/2009), peta Flu Babi dari Google Maps menunjukkan masih terkonsentrasinya penyakit itu di Meksiko, Amerika Serikat. Sedangkan di negara lain kebanyakan masih berupa dugaan kecuali kasus positif di Ingris dan Spanyol.

Peta Google khusus virus H1N1 ini menampilkan 'balon' pada lokasi-lokasi dengan kejadian Flu Babi. Setiap balon memiliki warna yang memudahkan pengguna untuk menimbang tingkat keseriusan kasus yang terjadi.

· Balon warna ungu menunjukkan diagnosa positif kasus Flu Babi.

· Balon warna pink menunjukkan adanya dugaan Flu Babi di suatu wilayah.

· Balon warna kuning menunjukkan diagnosa negative.

· Penanda lain pada balon itu, selain warnanya, adalah sebuah titik di tengah balon. Jika tidak ada titik, artinya ada kasus kematian di wilayah tersebut.

Selain Google, pengguna internet juga bisa mengakses peta sejenis di HealthMap.org. Bedanya, penanda di HealthMap.org tidak membedakan antara kasus dugaan, positif atau negatif.

Yup… sebaiknya kita lebih menjaga kesehatan diri sendiri & orang yang kita sayangi ya..paling tidak..mengingatkan… okey.. informasinya segii dulu yah… ada yang mau komentar…? Tulis aja yah…apa yang mau kalian omongin… makasiy… ^_^

Referensi:

1. www.BBCIndonesia.com

2. www.Detikinet.com

2 komentar:

  1. pertamax....
    jangan sampe gw kena flu babu.. eh salah flu babi... hehhe

    BalasHapus
  2. mit.. mana?? koq ga ada lage postingan nya...???

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini

kumpul blogger

Subcribe & Bookmark

Bookmark and Share

Bookmark and Share
Subscribe My Feed