Iklan Melayang

Minggu, 07 Februari 2010

50 Cara untuk Menyelamatkan Bumi

rEspon mu... 

MARKETIVA

Open an Account
It's easy, takes only 5 minutes, and you even earn $5 cash reward!

CLICK HERE...



50 Cara untuk Menyelamatkan Bumi

sumber : http://www.pemanasanglobal.net/energi/50-Cara-untuk-Menyelamatkan-Bumi.htm

50 tip mengurangi emisi gas rumah rumah kaca Anda untuk mengatasi iklim

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan mengenai perubahan iklim adalah dengan mendukung kampanye perubahan iklim dari organisasi hijau setempat seperti kampanye perubahan iklim Sahabat-Sahabat Bumi, ‘The Big Ask’. Kampanye ‘The Big Ask’ menuntut adanya undang-undang perubahan iklim yang kuat yang mengurangi emisi karbon Inggris dari tahun ke tahun. Tahun lalu lebih dari 130.000 orang mendukung kami. Hasilnya? Di bulan Maret Pemerintah menerbitkan rancangan undang-undang Iklim.

Menjadi vegetarian atau vegan adalah satu-satunya gerakan paling hijau yang bisa dilakukan seseorang*

Menurut laporan yang baru diterbitkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, sektor peternakan menghasilkan emisi gas rumah kaca - 18 persen – jika diukur berdasarkan perbandingan CO2, jumlah ini lebih banyak daripada seluruh transportasi di dunia. Penyebab utama di balik pemanasan global adalah konsumsi daging merah kita.

Produksi daging membutuhkan air, biji-bijian, tanah, dan lainnya dalam jumlah besar termasuk hormon dan antibiotik, serta menyebabkan polusi tanah, udara, dan air. Untuk menghasilkan satu pon daging sapi membutuhkan sekitar 12.000 galon air, bandingkan dengan 60 galon air untuk satu pon kentang. Jika Anda seorang pemakan daging, untuk pemula, cobalah tidak makan daging sekali dalam seminggu. Menjadi vegetarian atau vegan merupakan pilihan yang sangat berarti bagi lingkungan.

Informasi : PBB: Peternakan, ancaman besar bagi lingkungan

G Eshel dan PA Martin : Pola Makan, Energi, dan Pemanasan Global

Interaksi Bumi 10, Tulisan No. 9 (2006): 1-17.

Koran ABC: Penelitian Terbaru Menyarankan Apa yang Anda Makan Sama Pentingnya dengan Apa Yang Anda Kendarai

*saran SupremeMaster TV

Berkendaraan

Angkutan darat bertanggung jawab atas seperempat emisi CO2 di Inggris – dan ini diramalkan akan meningkat di masa depan. Dalam 30 tahun terakhir lalu lintas di jalan-jalan kita telah menjadi lebih dari dua kali lipat.

1. Perlukah Anda mengantar anak Anda ke sekolah? Berbagi rute sekolah dengan sekelompok orang tua adalah cara terbaik untuk mengurangi kemacaten parah, mengurangi emisi, dan menghemat pengeluaran bensin Anda. Berbagi tumpangan membantu Anda menemukan orang tua lain yang bisa diajak berbagi rute sekolah: www.school-run.org – atau hubungi kepala sekolah anak Anda atau PTA untuk meminta mereka mengatur jadwal. Sustrans juga menyediakan banyak informasi tentang rencana perjalanan sekolah: www.saferoutestoschools.org.uk/

2. Jangan Mengemudi ke pub – Liburlah satu hari atau paling tidak berjalan kakilah. Sustrans: www.sustrans.org.uk

3.Berikan mobil Anda waktu liburan! Apakah Anda bisa melakukan perjalanan Anda ke tempat kerja dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum untuk beberapa hari setiap minggu? Transport Direct memiliki informasi transportasi umum di: www.transportdirect.org.uk Organisasi pengendara sepeda nasional (CTC) memiliki informasi lengkap tentang rute bersepeda di daerah Anda: www.ctc.org.uk

4.Kecil itu indah. Jika Anda harus mengemudi, sebuah mobil yang kecil dan hemat bahan bakar akan menghasilkan polusi emisi yang lebih sedikit daripada sebuah mobil 4 x 4 yang boros bensin – dan juga ia lebih mudah dikendarai dengan cepat. Berhati-hatilah karena meski mobil berbahan bakar diesel cenderung menghasilkan lebih sedikit CO2, tapi mobil ini menghasilkan lebih banyak polusi lain yang memperburuk penyakit asma dan masalah kesehatan lainnya. Bandingkanlah emisi gas CO2 dalam berbagai macam mobil di VCA: www.vca.gov.uk

5. Gantilah bahan bakar Anda. Berbagai jenis mobil sekarang bisa menggunakan bahan bakar bio dengan sedikit atau tanpa harus mengganti mesin. Bahan bakar bio diproduksi dari biji-bijian, minyak lobak atau gula bit, dan dengan menggunakan bahan bakar bio ini akan menghasilkan emisi yang lebih rendah. Tanyalah bengkel Anda atau carilah pompa bensin yang sudah menjualnya - di Inggris sudah ada 150 buah pompa bensin dan akan terus bertambah lagi. Silakan kunjungi: www.biodieselfillingstations.co.uk

6. Jagalah ban mobil Anda agar selalu penuh udara. Diperkirakan bahwa jika ban mobil berisi kurang udara di atas 80%, dapat membuat mobil lebih boros bensin, dan emisinya akan naik hingga 5% (Carplus: http://www.carplus.org.uk/carplus/Winter0405/Ecodriving.htm) – dan juga dapat mempercepat kerusakan ban dan mesin kendaraan.

7. Mengapa Anda tidak menyewa mobil saja ketika Anda membutuhkannya dari pada membelinya? Smartmoves memiliki daftar tempat-tempat penyewaan mobil di: www.smartmoves.co.uk

8. Ide lainnya adalah berbagi. Liftshare mengatur perencanaan berbagi mobil, dan charity Carplus mempromosikan penggunaan mobil dengan sistem penyewaan atau bisa ditambah dengan perencanaan berbagi mobil. Atau, Anda dapat meminta atasan Anda untuk melakukan sesuatu dalam mengurangi penggunaan mobil, seperti menyediakan payung ketika hujan bagi para pengendara sepeda atau menyediakan tumpangan minibus ke stasiun terdekat. Liftshare: www.liftshare.org; Carplus: www.carplus.org.uk

9. Mengemudilah dengan jendela tertutup. Hal ini dapat mengurangi hambatan udara sehingga dapat menambah efisiensi pemakaian bahan bakar dan mengurangi emisi mobil Anda. Hambatan juga dapat dikurangi dengan menurunkan barang-barang berat di dalam mobil dan rak pengangkut di atas kap mobil Anda ketika Anda tidak membutuhnya. (Badan Keamanan Negara AS: http://www.nsc.org/ehc/mobile/refuelin.htm; Kantor Perlindungan Lingkungan AS: http://www.epa.gov/otaq/consumer/18-youdo.pdf).

10. Matikan mesin mobil ketika Anda akan berhenti lebih dari dua menit. Berhenti dengan lama dan mesin mobil tetap menyala akan membakar bahan bakar lebih banyak dari pada menghidupkan mesin kembali. (Asosiasi Angkutan Lingkungan http://www.eta.co.uk/greentips/duringjourney.asp).

11. Ubahlah cara mengemudi Anda. Memindahkan gigi pada kecepatan yang lebih tepat dapat mengurangi pemakaian bahan bakar hingga 15%. Ketika Anda mendekati lampu lalu lintas, melambatkan laju mobil secara bertahap akan lebih baik daripada terus melaju dengan kecepatan yang sama dan mengerem dengan mendadak, melaju dengan cepat dan mengerem mendadak akan menggunakan bahan bakar hingga 30% lebih banyak dan dapat mengakibatkan kerusakan ban dan mesin kendaraan. Dan jika melaju dengan terlalu cepat akan menggunakan bahan bakar hingga 60% lebih banyak. (RAC: www.racfoundation.org).

12. Jangan menggunakan mobil untuk jarak dekat. Mesin mobil yang dingin menggunakan hampir dua kali lipat bahan bakar daripada mesin yang lebih panas. Berjalan kaki di udara segar ke toko-toko terdekat, itu baik untuk kesehatan Anda!

Berpergian ke Mancanegara

Pesawat terbang adalah kontributor yang besar dalam perubahan iklim. Jumlah penumpang akan meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2030, dan emisi dari pesawat terbang akan menyebabkan lebih dari sepersepuluh kenaikan emisi gas di Inggris pada tahun 2020. Mengurangi penerbangan Anda dan keluarga Anda akan banyak mengurangi jejak karbon Anda.

13. Liburan di dalam negeri. Biaya bepergian dengan pesawat terbang mungkin terasa murah, tapi jika Anda menjumlahkannya dengan pajak dan biaya perjalanan ke bandara, biayanya sering lebih mahal dibanding biaya perjalanan dengan kereta ke tempat liburan Anda. Dan itu belum ditambah lagi dengan emisi yang telah Anda hasilkan – sekali perjalanan – pulang pergi dengan pesawat terbang dapat memproduksi lebih banyak emisi gas karbon dioksida dari setiap penumpang dibanding rata-rata emisi gas dari pengendara motor dalam satu tahun di Inggris. (Pusat Perlindungan Energi dan Teknologi Lingkungan Belanda/DETR) Atau, jika Anda akan pergi berlibur, cobalah menggunakan jasa angkutan kereta.

14. Sewalah sepeda sebagai ganti mobil jika Anda akan berjalan-jalan ke daerah terdekat. Ini tidak hanya akan menghemat emisinya, tapi juga akan menghemat uang Anda – dan membantu menghabiskan hari libur Anda. Pusat Informasi Perjalanan Lokal akan bersedia memberi Anda informasi tentang cara-cara penyewaan sepeda.

15. Mengurangi perjalanan bisnis. Apakah Anda benar-benar harus bepergian untuk menemui rekan kerja Anda? Bisakah Anda menggunakan telepon atau konferensi video? Dan jika Anda benar-benar harus bepergian, gunakanlah kereta bukannya mobil atau pesawat terbang – dan juga selama dalam perjalanan, Anda dapat mengerjakan beberapa pekerjaan Anda. Anda dapat menemukan cara-cara alternatif untuk bepergian di: www.seat61.com

16. Jika Anda menginap di hotel selama liburan, mintalah untuk mencuci handuk Anda setelah beberapa hari, jangan setiap hari.

Makanan dan Minuman

Di Inggris setiap tahun kita menghabiskan uang £500 juta untuk membeli makanan organik tapi berbagai manfaat pertanian organik ini akan hilang dengan cepat jika hasil panennya dikirimkan ke seluruh dunia. Jika hasil panen organik itu diimpor dengan pesawat terbang dari Selandia Baru, maka energi yang digunakan untuk transportasinya sebesar 235 kali lebih besar daripada energi yang dihemat dari hasil panen organik tersebut (sumber: http://www.sustainweb.org/).

17. Berpikirlah sebelum Anda membeli. Carilah hasil produk organik lokal dan musiman – karena Anda memiliki hak untuk memilih! Hindari semua produk makanan yang diimpor dari tempat lain dan jika toko langganan Anda tidak bisa menjaminnya, maka jangan dibeli.

18. Masaklah dari bahan segar. Hindari produk makanan kemasan dan olahan untuk mengurangi emisi yang dihasilkan dalam berbagai transportasi pengiriman produk-produk dan bahan-bahan makanan itu di dalam negeri atau bahkan di dunia, dan juga dalam memproduksi kemasannya. Makanan segar juga sangat baik bagi kesehatan Anda.

19. Gunakanlah oven untuk membakar roti bukannya alat pemanggang – ini akan menggunakan lebih sedikit energi.

20. Belilah produk lokal dan musiman yang tersedia. Membeli produk-produk di luar musimnya berarti sama dengan mendukung penambahan emisi gas rumah kaca atau pengimporan yang kadang kala melalui kiriman udara. Untuk menemukan pasar produk pertanian terdekat, silakan kunjungi: www.farmermarkets.net

21. Belilah susu organik. untuk memproduksi satu liter susu non-organik diperlukan energi sebesar tiga kali lebih besar dibanding untuk memproduksi satu liter susu organik. Kebanyakan energi tambahan ini digunakan dalam memproduksi hormon penyubur (BBC News: http://news.bbc.co.uk/1/hi/sci/tech/4038399.stm).

22. Mendaur ulang aluminium. Energi yang dihasilkan dari hasil daur ulang satu kaleng minuman aluminium cukup untuk menyalakan sebuah TV selama 3 jam (Environment Agency: http://www.environment-agency.gov.uk/commondata/acrobat/recycle_975614.pdf).

23. Beli barang kebutuhan sehari-hari dalam jumlah borongan Selain dapat menghemat uang, ini akan menghindari emisi yang dihasilkan dari pengemasan barang dalam jumlah satuan. Jika Anda tidak ingin membeli dalam jumlah borongan tapi tetap ingin berhemat, berbagilah barang borongan Anda dengan teman, kerabat, atau tetangga. Anda dapat membeli di pasar grosir, seperti di Suma Wholefood ( www.suma.co.uk ) atau di Infinity Food (www.infinityfoods.co.uk)

Di Rumah

Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat mengurangi emisi di rumah Anda dan juga dapat menghemat uang Anda – saat ini Anda mungkin membayar sebesar £200 per tahun lebih banyak daripada biasanya untuk tagihan listrik dan gas di rumah Anda.

24. Mengapa harus begitu panas? Menurunkan suhu termostat satu derajat saja dapat menghemat uang tagihan gas Anda hingga £30 per tahun dan menurunkan emisi di rumah Anda. (British Gas: http://www.britishgasnews.co.uk/index.asp?PageID=19&Year=2003&NewsID=461)

25. Aturlah alat pengatur waktu Anda secara efisien. Jika Anda bekerja pada waktu tetap setiap hari, hindari pemborosan energi pemanas dengan mengatur off pemanas ruangan Anda 30 menit sebelum Anda keluar rumah, dan nyala lagi 30 menit sebelum Anda pulang ke rumah.

26. Beri penyekat di dinding rumah Anda. Anda dapat menghemat tagihan listrik Anda hingga lebih dari 20 persen dengan memasang penyekat dinding yang berkualias baik, penyekat akan menghentikan keluarnya panas sehingga diperlukan lebih sedikit energi untuk menjaga agar rumah Anda tetap hangat. (The Observer: http://observer.guardian.co.uk/cash/story/0,6903,399565,00.html)

27. Perbaiki kebocoran. Ada tanda-tanda kerusakan penyekat rumah yang terlihat buruk dan tidak menyenangkan tapi itu mudah diperbaiki dengan menggunakan lapisan anti bocor atau kaca rangkap. Anda juga dapat memasang kaca rangkap ganda – orang-orang di Inggris biasanya berhemat dengan memasang meteran pengukur energi, tapi itu sebenarnya menghemat lebih sedikit biaya tagihan gas daripada memperbaiki kebocoran di dinding (biayanya lebih murah.)

28. Perhatikan lantai Anda. Ruangan rumah terkadang terasa dingin karena ada banyak aliran udara yang masuk dari celah-celah lantai papan. Hal ini sangat mudah diatasi dengan menempelkan penyekat, misalnya silikon. Cara lain untuk mengurangi angin yang masuk dari lantai adalah dengan memasukkan tanah liat di bawah lantai papan. (Energy Savings Trust: www.est.org.uk).

29. Lapisi tangki air panas Anda dengan benar. Sebuah jaket pelapis tangki air British Standard hanya seharga £10 dan biaya penyekatan pipa aliran air dari pemanas ke tangki air panas sekitar £3 setiap tahun. Ia sangat mudah dipasang dan dapat menghemat tagihan pemanas air Anda sebesar £20 per tahun - jika nanti setiap rumah tangga di Inggris memasang jaket pelapis di tangki air mereka, maka lebih dari £150 juta akan dihemat setiap tahunnya!

30. Panel radiator pemantul yang dapat memantulkan panas radiator. Panel ini dijual dengan murah, mudah dipasang dan memantulkan kembali panas yang terpantul dari dinding. Panel radiator ini bisa dibeli di toko-toko keperluan sehari-hari (jangan beli yang terbuat dari PVC), atau Anda dapat membuatnya sendiri dengan membungkus papan kardus dengan timah aluminium.

31. Lepaskan gorden jendela Anda di waktu malam. Ini mungkin terdengar aneh, tapi dengan melepaskan korden jendela yang tebal dapat menghentikan banyak panas penghangat ruangan yang keluar dari jendela Anda.

32. Pakailah penutup panci masak. Panci masak dengan penutup panas ketat dapat memasak makanan dengan lebih cepat, dan menggunakan energi lebih sedikit dalam proses memasaknya.

33. Gunakanlah kemampuan oven Anda. Jangan terus membuka pintu oven untuk memeriksa apakah makanan Anda sudah matang atau belum – ini akan mengakibatkan panasnya keluar dan hanya membuat makanan Anda lebih lama dimasak, dan juga menggunakan energi yang lebih banyak. Dengan mengatur oven Anda off pada beberapa menit sebelum masakan Anda matang, Anda akan melihat bahwa oven Anda akan tetap panas untuk membuat masakan Anda matang.

34. Jangan membeli karangan bunga. Setiap tahun, kita menghabiskan uang sekitar £1,35 miliar untuk membeli karangan bunga di Inggris, 80 persen bunga yang kita beli setiap tahun itu diimpor dari luar negeri. Karena bunga-bunga cepat layu dan gugur, mereka biasanya cepat dibuang dan menjadi sampah yang beterbangan kesana kemari – ini mengakibatkan jejak emisi karbon yang sangat besar. Untuk mengghindari akibat yang tidak baik ini, Anda dapat membeli bunga-bunga pot yang tumbuh di Inggris – atau jika Anda tetap ingin membeli bunga, pilihlah bunga yang tumbuh Inggris dan sesuai musiman. Ada sejumlah organisasi yang menjual bunga dan pohon lokal yang dapat dipesan melalui internet, misalnya di: www.tree2mydoor.com Anda juga dapat membeli bunga sambil beramal dengan memesan di Charity Flowers Direct – sebuah organisasi yang didirikan oleh Age Concern dengan 170 kegiatan amal: www.charity flowers.co.uk Tlp : 0870 5300 60 Kunjungilah The Postcode Plants Database untuk mencari tanaman apa yang tumbuh di daerah Anda sebelum Anda memesan: www.nhm.ac.uk/nature-online/life/plants-fungi/postcode-plants

35. Matikan lampu Anda! Sebagai perbandingan, lampu yang dinyalakan sepanjang malam ketika kantor kosong dapat memboroskan energi yang setara dengan energi yang digunakan untuk memanaskan air sebanyak 1000 cangkir kopi (Carbon Trust. www.thecarbontrust.co.uk/energy/pages/page_88.asp).

36. Belilah bola lampu yang hemat energi. Bola lampu seperti ini hanya menggunakan seperempat daya listrik, dan dapat bertahan 12 jam lebih lama. Hanya satu bola lampu hemat energi saja dapat menghemat uang tagihan listrik Anda sebesar £10 per tahun.

37. Buatlah agar semuanya terlihat alami. Tembok, atap, dan lantai yang berwarna terang dapat berfungsi sebagai cermin yang memantulkan cahaya matahari di siang hari, membuat cahaya alami lebih terang dan mengurangi peggunaan cahaya lampu listrik. (Silakan kunjungi: www.foe.co.uk/living).

38. Gunakanlah sinar merah. Jika Anda memiki lampu sensor di luar rumah, mintalah tukang listrik Anda untuk memasang sensor sinar merah sehingga lampu hanya menyala ketika Anda lewat di depannya. Silakan kunjungi: http://www.foe.co.uk/living/poundsavers/diy_outside.html

39. Jangan meninggalkan mesin yang masih terpasang. Jika semua rumah tangga di Inggris setiap malam mematikan TV mereka dan tidak meninggalkannya dalam keadaan masih terpasang, itu akan mengurangi 38 kali pelepasan gas C02 setiap tahun yang dapat mengakibatkan Akhir Milenium (Kent Energy Centre: http://www.kentenergycentre.org.uk/). Mesin yang terus terpasang juga mahal biayanya – orang-orang di inggris membayar tagihan listrik mereka sebesar £163 juta setiap tahun yang digunakan hanya untuk menjaga alat-alat rumah tangga mereka tetap aktif. Ini sama juga dengan layar komputer kita (“sebuah layar komputer yang dimatikan sepanjang malam dapat menghemat energi yang setara dengan enam buah oven mikrowave - Carbon Trust.

www.thecarbontrust.co.uk/energy/pages/page_88.asp).

40. Cabutlah alat-alat yang baterainya penuh setelah diisi ulang. Telepon genggam, alat pencukur dan sikat gigi elektrik akan terus menarik listrik meskipun baterainya sudah penuh terisi.

41. Jagalah pintu lemari es dan pendingin agar selalu tertutup rapat. Lemari es yang pintunya dibuka setiap menit akan menghabiskan tiga kali lebih banyak energi untuk membuat lemari es itu dingin kembali. Dan juga ia memerlukan waktu setengah jam untuk membuat temperaturnya dingin kembali jika pintunya dibuka meski hanya 60 detik saja (National Energy Foundation: www.nef.org.uk). Dan jangan lupa untuk meletakkan lemari es atau pendingin jauh dari alat pemanas atau jauh dari cahaya matahari langsung.

42. Jagalah lemari es Anda agar selalu penuh. Lemari es yang penuh menggunakan lebih sedikit energi untuk menjaga agar ia tetap dingin dibandingan dengan lemari es yang kosong (Friends of the Earth: http://www.foe.co.uk/living). Jika Anda tidak memiliki cukup makanan untuk mengisinya, gunakanlah botol-botol pelastik yang diisi air atau bisa juga dengan gumpalan kertas koran. Jika Anda melihat lemari es Anda selalu setenggah kosong, sudah saatnya Anda memikirkan untuk menggantinya dengan yang berukuran kecil.

43. Pikirkan bagaimana cara Anda memasak. Panci pemasak cepat dan pengukus keduanya dapat menghemat energi, pengukus lebih mudah digunakan dan sangat sehat.

44. Memotong dengan baik dan merebus dengan pintar. Semakin kecil sayuran yang Anda potong, semakin cepat ia akan dimasak. Jangan lupa untuk merebus hanya sebanyak yang Anda perlukan, tutuplah panci masak Anda dengan penutupnya supaya ia akan cepat mendidih dan jagalah agar kompor listrik Anda selalu bersih supaya ia dapat bekerja dengan lebih efisien (‘Dapat menghemat uang & Menyelamatkan Bumi’).

45. Gunakan mesin cuci hanya dalam muatan penuh. Sembilan puluh persen energi yang digunakan mesin cuci adalah untuk memanaskan air (UK Department of Energy: http://www.eere.energy.gov/buildings/info/documents/pdfs/26468.pdf), jadi ubahlah temperatur cucian Anda menjadi yang lebih dingin: dengan menggunakan 40°C dalam mencuci semua pakaian dapat menghemat sepertiga energi per cuci. Saat ini sabun deterjen bekerja jauh lebih efektif jika ia digunakan dalam temperatur yang rendah, kedua cara ini dapat menghemat energi dan uang Anda.

46. Lakukan Pengecekan Energi Rumah untuk mengetahui bagaimana menghemat energi dan menghemat uang. Daftar pertanyaan online berlangsung beberapa menit, dan Anda akan dikirimkan evaluasi tentang rumah Anda tersebut dengan gratis, seperti penghematan biaya, efisiensi energi yang dapat dilakukan– lihat: www.est.org.uk/myhome/whatcan/hec/ atau telepon 0800 512 012 untuk meminta versi cetakannya.

Di Tempat Kerja.

47. Kurangi penggunaan kertas kantor. Kampanye Envirowise (Sadar Lingkungan) yang didanai pemerintah mengatakan bahwa konsumsi kertas kantor meningkat 20 % setiap tahun. Rata-rata setiap pekerja menggunakan 50 lembar A4 per hari. Jika Anda bekerja di kantor, tambahkan slogan “Berpikir sebelum Anda mencetak” di bawah email Anda. Jika memang harus, cetaklah pada kedua sisinya.

48. Matikan peralatan kantor di malam hari. Mesin fotokopi yang dibiarkan menyala sepanjang malam memakai energi yang cukup untuk membuat 1500 fotokopi. (ref : carbon trust) (Carbon trust. www.thecarbontrust.co.ud/energy/pages/page_88.asp).

Investasi Lebih Besar

49. Investasi Lingkungan. Hanya dengan £250 memungkinkan untuk ikut serta dalam koperasi yang bernvestasi dalam proyek-proyek energi angin yang menggunakan teknologi bebas emisi. Atau Anda dapat ‘mengadopsi’ proyek lokal yang dapat diperbaharui. Lihat sebagai contoh Energy4All (EnergiBagiSemua): www.energy4all.co.uk. Yes2wind adalah situs gabungan yang ditujukan untuk meemberikan informasi dan sumber informasi bagi masyarakat untuk mendukung ladang angin secara lokal:

www.yes2wind.com Asosiasi Energi Angin Inggris (BWEA) juga menyediakan database pada proyek-proyek energi angin : www.bwea.com/ukwed/

50. Pasang sistem energi yang dapat diperbaharui Anda sendiri.

Baru-baru ini tersedia hibah untuk lebih dari 50 % biaya modal untuk memasang energi yang dapat diperbaharui. Anda bahkan bisa menghasilkan laba: jika Anda menghasilkan lebih dari yang Anda butuhkan, Anda bisa menjual kembali kelebihannya kepada pemasok energi Anda. Perserikatan Penghematan Energi mempunyai lebih banyak informasi mengenai dana hibah panel surya fotovoltaik: www.est.org.uk Pusat Teknologi Alternatif memberikan nasihat yang bagus, pelatihan cara melakukan dan menjalankan keinginan untuk menghasilkan listrik mereka sendiri: www.cat.org.uk Bagi lembaga nirlaba seperti sekolah, Komunitas Pemrakarsa yang Dapat Diperbaharui akan dapat membantu:

http://www.countryside.gov.uk/LAR/Landscape/CRI/index.asp

Tempat-tempat lain untuk mendapatkan informasi

Lembaga-lembaga

Anda bisa menghubungi Saluran Bantuan Efisiensi Energi di 0845 727 7200 untuk nasihat gratis yang tak berpihak tentang cara membuat rumah Anda agar lebih hemat. Penasihat Anda yang terlatih juga akan memberi informasi tentang hibah yang tersedia di daerah Anda untuk membantu Anda dalam menghemat energi dan uang. Atau, Anda dapat melakukan kuesioner online yang berlangsung beberapa menit, dan Anda akan dikirimkan evaluasi gratis persoalan rumah Anda dimana penghematan biaya, langkah-langkah efisiensi energi dapat dilakukan - lihat: www.est.org.ud/myhome/whatcan/hec/

• The Carbon Trust – www.thecarbontrust.co.uk
• National Energy Foundation – www.nef.org.uk
• Energy Savings Trust – www.est.org.uk
• Clear Skies grants - http://www.clear-skies.org/

.. dan buku dari Teman-teman Bumi– ‘Hemat uang & Selamatkan Planet”


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

kumpul blogger

Subcribe & Bookmark

Bookmark and Share

Bookmark and Share
Subscribe My Feed