Iklan Melayang

Rabu, 21 Januari 2009

SISTEM BI - RTGS

rEspon mu... 
SISTEM BI-RTGS…??? Udah tau belum tentang jasa perbankan yang satu ini…?
Bahan penulisan ini juga saya dapet waktu kunjungan ke BI…
Lets..see..
Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement
( Sistem RTGS)

SEKILAS BI-RTGS
Penerapan Sistem BI-RTGS ( Sistem Bank Indonesia Real time Grosssettlement) di iIndonesia dimulai sejak tanggal 17 November 2000. Kehadiran sistem BI-RTGS sebagai sarana settlement (penyelesaian akhir transaksi pembayaran) yang bernilai lebih dari Rp.100.000.000.

BI-RTGS apaan siy?
Sistem BI-RTGS adalah suatu sistem transfer dana elektronik antar peserta dalam mata uang rupiah yang penyelesaiannya dilakukan secara seketika per transaksi secara individual.

Apa MANFAAT BI-RTGS?
1. Pengiriman transfer dana lebih aman, dengan jaminan keamanan sistem penyelenggaraan.
2. Pengiriman transfer dana lebih cepat dengan jaminan dapat diterima oleh nasabah penerima pada hari yang sama.

SIAPA YAH PENYELENGGARA BI-RTGS..?
Sistem BI-RTGS diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

KLO PESERTA BI-RTGS SIAPA..?
Peserta sistem BI-RTGS terdiri dari seluruh bank dan non bank, yang dibedakan menjadi Peserta Langsung dan Peserta Tidak Langsung. Peserta Langsung adalah peserta yang dapat melakukan transaksi RTGS secara langsung dengan menggunakan RTGS terminal milik peserta. Sedangkan Peserta Tidak Langsung dapat melakukan transaksi RTGS secara tidak langsung, yang pelaksanaannya dilakukan oleh Bank Indonesia dengan menggunakan RTGS Terminal milik Bank Indonesia.

PROSES SISTEM BI-RTGS
Nasabah Pengirim (1) Nasabah Penerima (5) Level Nasabah



Bank Pengirim (2) Bank Penerima (4) Level Bank



Informasi pesan S E T T L E M E N T (3) Informasi Pesan pembayaran lengkap
pembayaran lengkap RCC (RTGS Central Computer)
Bank Indonesia



KAPAN yah BI-RTGS DILAKSANAKAN..?
BANK Indonesia melaksanakan transaksi RTGS dengan penetapan jam pelayanan transfer RTGS antar peserta dalam periode waktuyang seragam untuk 3 zona waktudi Indonesia (untuk kepentingan nasabah saat ini dibatasi mulai pukul 06.30 s.d 16.30 WIB). Jam pelayanan pada masing – masing bank bergantung kondisi dan standar bank masing – masing.

KAPAN HASIL RTGS DAPAT DIKETAHUI…?
Berdasarkan ketentuan Bank Indonesia menjamin bahwa dana yang ditransfer melalui sistem BI-RTGS akan diterima oleh nasabah penerima paling lambat pada hari itu juga. Sedang kan jika nasabah pengirim melakukan transfer dana melalui sistem BI-RTGS setelah jam pelayanan Bank, maka paling lambat dana akan diterima oleh Nasabah penerima paling lambat pada hari kerja berikutnya.

BIAYA RTGS, bERApa sIy..??
Bank Indonesia menetapkan biaya transaksi Sistem BI-RTGS yang seragam kepada seluruh Peserta Sistem BI-RTGS. Biaya transaksi Sistem BI-RTGS yang dikenakan oleh Bank kepada nasabahnya bergantung konsisi dan standar masing – masing bank. Bank Indonesia mewajibkan setiap bank mengumumkan tariff biaya Sistem BI-RTGS, baik yang dibebankan Bank Indonesia kepada Bank, maupun Bnak kepada Nasabahnya di setiap kantor.

AMAN GAK YAH RTGS…?
Standar pengamanan RTGS menggunakan sistem BI-RTGS yang aman, yaitu Bank Indonesia memeinta auditor teknologi informasi yang independen secara berkala untuk mengaudit seluruh aplikasi maupun network / jaringan yang digunakan dalam sistem BI-RTGS, untuk meyakinkan bahwa sistem tersebut aman. Bank Indonesia memiliki sistem backup di lokasi yang aman dengan prosedur penanggulangannya jika menghadapi kondisi darurat. Peserta atau Bank juga diwajibkanagar memiliki sistem backup yang memadai.
Secara periodik, seluruh peserta diwajibkan untuk melakukan uji-coba backup dan Rencana Penanggulangan Kondisi Darurat (DRP) untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik.
Bank Indonesia juga melakukan pengawasan kepada seluruh peserta/bank untuk memastikan persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Penyelenggara RTGS kepada peserta terkait dengan kegiatan operasional RTGS telah dipenuhi. Peserta diwajibkan pula melakukan pemeriksaan internal terhadap kegiatan operasional RTGS yang kemudian dilaporkan kepada Bank Indonesia.

Tips bertransaksi RTGS
1. Datangi bank saat jam pelayan bank agar transfer dana RTGS dapat diterima hari itu juga. Jika melalui internet banking teliti jam layanan bank atau Tanya ke call center bank
2. Isi formulir transfer dana RTGS dengan lengkap dan benar.
3. Jika melakukan transaksi di kantor bank setelah mengisi formulir transfer & menyetor dana RTGS dan menyetorkan uang tunai atau rekening simpanan didebet, maka telitilah form aplikasi transfer, pastikan telah divalidasi bank, sehingga jelas sedang diproses.
4. Jika perintah transfer RTGS belum diterima pada hari yang sama, mintalah informasi ke call center atau customer service bank yang diperintahkan untuk melakukan transfer dana RTGS. Jika transfer RTGS tidak diterima sesuai dengan standar layanan (hari yang sama atau keesokkan harinya), maka penerima dana RTGS berhak mendapatkan kompensasi bunga/imbalan sesuai dengan jenis simpanannya pada bank yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

kumpul blogger

Subcribe & Bookmark

Bookmark and Share

Bookmark and Share
Subscribe My Feed