Iklan Melayang

Kamis, 30 Juli 2009

PENCEGAHAN DINI UNTUK KANKER LAMBUNG

rEspon mu... 

PENCEGAHAN DINI UNTUK KANKER LAMBUNG

Jaman sekarang.. banyak bgt jenis penyakit.. entah penyebab pastinya apa… kali ini saya mau ngebahas ttg kannker lambung.. let check it out… ^_^

Kanker menjadi penyakit yanjamak didengar saat ini.. salah satunya kanker lambung atau gastric cancer yang menyrang orang pada usia 50-60 tahun, dengan perbandingan antara pria dan wanita 3:1.

Kanker lambung disebabkan oleh dua hal, factor keturunan dan factor pola hidup yang tidak sehat seperti, stress dan mengkonsumsi makanan yg diawetkan dan tidak sadar makanan tersebut dapat berjamur dalam jangka waktu yg lama.

Untuk orang yang riwayat keluarganya menderita penyakit lambung atau kanker lambung, disarankanuntuk melakukan medical check up secara rutin

Atrophic gastritis, polip dilambung, dan penyakit kronis lambung menjadi hal yang patut diwaspadai karena itu tanda awalperubahan kanker. Jadi yang sudah mengetahui pola hidup yang tidak sehat sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbangserta berusaha meminimalkan stress..

Gejala kanker lanmbung sifatnya tersembunyi, sehingga tdk ada tanda klinis yg jelas dan sering mengkibatkansalah diagnose. Salah satu sifat penyakit ini adalah mudah menyebar dan kambuh kembali. Untuk itu pencegahan dini dengan diagnose sedini mungkin menjadi langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran sel kanker.

Pada stadium awal, gejala kanker lambung adalah perut bagian atas tidak sehat, sakit perut, tidak ada selera makan, mual dan muntah. Sementara gejala dari kanker stadium akhir adalah berat badan menurun, anemia dan pendarahan.

Diagnose untuk kanker lambung diantaranya dengan USG, CT-Scan untuk melihat area organ lain, pemeriksaan darah dengan tumor marker seperti CEA,FSA, dan GCA. Ada pula diagnose lain seperti fiber endoscopy yang dibarengi dengan pemeriksaan biopsy, yang dapat endiagnosa kanker lambung.

Dokter akan mempertimbangkan penyakit ini bwrdasarkan posisi letak umor, pathology jenis tumor, pembagian stadium dan kondisi stamina pasien untuk memutuskan rencana pengobatan. Metode yang biasa untuk membantu mengatasi kanker lambung adalah dengan operasi dan kemotrapi. Operasi bisa diterapkan apabila pasien bisa memiliki daya tahan yang baik terhadapefek operasi, umumnya untuk penderita di stadium awal atau sedang.

Modern Hospital Guangzhou, China menerapkan metode baru untuk menolong penderita kanker lambung yaitu dengan metode gabungan timur barat, menggabungkan beberapa metode yang tepat sasaran, aman, berefek samping minimal, dan dengan masa pemulihan yang lebih singkat. Metodenya berupa: Transarterial Intercurrent Local Chemoteraphy, terapi knker modern dengan “pemanasan” – Terapi Hyperthermia pada rongga perut, terapi kekebalan biologi modern untuk menghindari penyebaran sel kanker, dan terapi Photodynamic dengan proses penyinaran langsung terhadap kanker, serta terapi herbal.

Sumber: KOmpas/ 2 Juni 2009


Semoga kita selalu dalam lindungan ALLAh..kita selalu sehat dan bahagia.. amin…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

kumpul blogger

Subcribe & Bookmark

Bookmark and Share

Bookmark and Share
Subscribe My Feed