Iklan Melayang

Minggu, 21 Desember 2008

AKI ITU PENTING

rEspon mu... 

JANGAN SEPELEIN AKI…

Tiba-tiba mobil mogok atau gak bisa distater,,???

Huh..pasti bête banget.... makanya jangan sepelein AKI mobil.. AKI juga butuh perawatan rutin. Jangan sampe di kepala aki terlihat kerak putih dan airnya tinggal dikit..

Fungsi aki bukan Cuma sumber tenaga untuk menghidupkan mobil tapi juga sebagai penyimpan cadangan listrik, kalo aki nya bermasalah bisa menyebabkan masalah juga ke yang lain. Pertama dah jelas mobil bisa mogok, masalah lain yaitu kualitas penerangan atau lampu jadi gak maksimal bisa cepet mati, terus kalo mau dengerin radio tape suara yang dihasilkan jadi jelek mungkin sember…(hehe..ada yang masih asing sama kata2 tadi..? =p ) masalah yang di bisa di timbulin lagi karena aki yaitu kinerja mobil itu sendiri jadi gak bagus dan bisa bikin boros bensin.. saying kan kalo harus ngeluarin banyak uang untuk langganan ke SPBU… hehe…

Aku pernah baca artikel di majalah Auto Bild yang ngasih tip gimana cara ngerawat mesin, kali aja bermanfaat buat yang belum tau.. Lets read again…!!!

Langkah – langkah perawatan aki:

1

Lakukan perawatan ini saat mesin dalam kondisi dingin klo panas susah ngerjainnya masa kudu pake serbet untuk megang bagian akinya.. hehe... Pertama – tama kap mesin harus dibuka.

2

Baut pengikat kepala aki dilepasin. Yang dilepas kepala aki yang negative (-) dulu baru deh terminal yang positifnya (+). Karena klo yang positif duluan (+) takutnya terjadi hubungan pendek klo kunci perkakas menyentuh bodi.

3

Bersihkan bodi aki dari kotoran yang menempel.

4

Periksa ketinggian air aki, harus pas sama batas atas garis ukurnya. Terus diisi dengan air berwarna biru yah jika cairan elektrolit terlihat kurang. Jangan ngisi terlalu penuh tar luber..ops.. maksudnyaklo cairan elektrolit tumpah bisa bikin cat ngelupas kan sayang klo harus ngecat ulang karena ketumpahan air aki.. hehe.. cairan elektrolit juga tidak boleh kurang dari garis bawah (lower level) , karena dapat ngerusak sel aki akibat oksidasi sel dengan udara.

5

Bersihkan kotoran di kepala (terminal ) aki. Karak putih putih di terminal aki akan mempengaruhi daya hantar listrik. Siram kepala aki dengan air panas. Lalu amplas hingga bersih. Terus…lumasi kapala aki dengan gemuk (grease) untuk mencegah timbulnya kerak di kemudian hari.

Perawatannya gampang kan..? Cuma butuh kunci pas 10 mm untuk buka baut, amplas halus untukbersihin kerak yang ada di kepala aki, air panas dan lap bersih. Oia satu lagi jangan lupa gemuk nya yah.. met mencoba.. emm.. sebaiknya dilakukan sebulan sekali loh.. =)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

kumpul blogger

Subcribe & Bookmark

Bookmark and Share

Bookmark and Share
Subscribe My Feed