Iklan Melayang

Sabtu, 14 Januari 2012

Resep Creme Caramel (puding)

rEspon mu... 
Creme Caramel

"Sejak dulu cinta banget sama makanan yg satu ini. Udah lama nggak bikin, rada males jg karena suka kuciwa pake resep ini itu yg nggak sesuai yg diharapkan. Dari segi rasa rata-rata okelah, tapi texture masih suka bolong-bolong. Blom lagi caramel yg nempel dengan manisnya di cetakan sewaktu dibalik. Well, kali ini musti jalan-jalan dulu lihat video-nya biar dapet triknya supaya sukses. Video yg menurutku cucok ada di sini. Kalo resep gw rumuskan sendiri. Temukan tips supaya caramel tidak lengket di cetakan.;)"


Bahan karamel :
150 gr gula pasir
50 ml air

Bahan puding :
250 ml susu cair
250 ml whipcream cair
75 gr gula pasir
3 butir telur
3 kuning telur
1/2 sdm vanilla essence

Cetakan : 8 buah aluminium baking cup

Cara membuat :
- Panaskan oven suhu 150oC.
- Karamel : panaskan panci berdasar tebal dengan api sedang, lalu masukkan gula dan air. Jika mulai mendidih, aduk-aduk dengan spatula kayu hingga warna menjadi kecoklatan. Angkat lalu tuangkan ke dalam cetakan, masing-masing kurang lebih 1,5 sdm.
- Masukkan susu, whipcream cair, gula pasir, dan vanilla essence ke dalam panci bekas karamel tadi. Panaskan hingga gula larut. Angkat, dinginkan hingga suhunya lumayan adem.
- Kocok telur menggunakan whisker dalam wadah terpisah. Masukkan 1/3 bagian campuran susu ke dalam kocokan telur, aduk rata. Masukkan campuran ini kembali ke dalam panci berisi campuran susu. Aduk rata lalu saring.
- Tuangkan adonan creme ke dalam cetakan.
- Siapkan pinggan pyrex datar dan lebar, letakkan serbet bersih yg dilipat rapi. Lalu tata cetakan di atasnya. Tuangkan air panas ke dalam pyrex hingga setinggi 1/3 cetakan aluminium.
- Masukkan ke dalam oven, panggang kurang lebih 30 menit.
- Jika permukaan puding sudah solid meskipun permukaannya masih goyang-goyang, itu tandanya sudah matang. Ketika didinginkan puding akan mengeras.
- Saat menghidangkan, supaya caramel tidak menempel di cetakan, panaskan sebentar saja bagian bawah cetakan aluminium. Kalau sudah terasa hangat, dibantu dengan pisau untuk mengikis sisinya, langsung balikkan di atas piring kecil. Karamel akan rontok dengan suksesnya... selamat mencoba...;)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

kumpul blogger

Subcribe & Bookmark

Bookmark and Share

Bookmark and Share
Subscribe My Feed