Iklan Melayang

Sabtu, 14 Januari 2012

Sosis Bisa Sebabkan Kanker Pankreas, Kok Bisa?

rEspon mu... 

REPUBLIKA.CO.ID, Anda penggemar sosis, burger, dan daging olahan lainnya? Tampaknya Anda perlu memperhatikan hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Swedia.

Para ilmuwan dari Swedia, menemukan bahwa makan daging olahan sebanyak 50 gram dalam sehari, bisa meningkatkan risiko kanker sebesar 19 persen. Daging olahan sebanyak itu, setara dalam satu buah sosis, hot dog, atau separuh burger. Kanker sendiri, sering disebut dengan istilah ‘silent killer’, karena tak ada gejala yang nampak pada awalnya.

Penelitian yang telah diterbitkan dalam British Journal of Cancer itu menganalisis hasil dari 11 penelitian lain yang melibatkan 6.000 pasien dengan kanker pankreas.

Menurut Profesor Susanna Larsson, dari Karolinska Institutet di Stockholm, Kanker pankreas memiliki tingkat kelangsungan hidup yang rendah. "Jadi, penting untuk memahami apa yang dapat meningkatkan risiko penyakit ini,” ujarnya. Salah satunya adalah rokok dan daging olahan.

Selain meningkatkan resiko kanker pankreas, daging olahan seperti sosis juga bisa meningkatkan resiko kanker usus. Namun risiko yang ditimbulkan oleh makan daging secara substansial lebih rendah daripada merokok, yang ditemukan untuk meningkatkan kemungkinan kanker pankreas sebanyak 74 persen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

kumpul blogger

Subcribe & Bookmark

Bookmark and Share

Bookmark and Share
Subscribe My Feed